Brand New Roman, Typeface yang Terbuat dari Logo Brand
Sebuah ajakan untuk mempertimbangkan hubungan antara bahasa dan branding.
Foto: Itsnicethat
Seringkali sewaktu mengikuti kelas seni terdapat tugas yang mengharuskan para murid membuat sebuah kolase menggunakan majalah atau koran bekas. Pada tugas tersebut, sering ditemukan rangkaian judul atau teks yang hurufnya terbuat dari jenis font berbeda-beda sehingga membuatnya menarik perhatian.
Hal ini nampaknya yang ingin diterapkan oleh studio Hello Velocity dengan kreasi typeface terbarunya. Lewat typeface bernama Brand New Roman, mereka telah mengubah bentuk huruf yang minimalis dengan trademark dari merek-merek populer seperti Netflix, Amazon dan Facebook. Adapun jika dilihat, memang studio ini terlihat memotong huruf-huruf tertentu dari beberapa logo ternama untuk membuat serangkaian emblem yang merepresentasikan setiap huruf pada abjad, baik dalam huruf besar maupun kecil.
Secara keseluruhan, Brand New Roman terdiri dari 52 huruf yang namanya merupakan hasil pelesetan dari typeface terkenal Times New Roman dan 76 logo dari merek-merek besar yang diketahui di seluruh dunia. Menurut sang desainer, typeface tersebut juga merupakan suatu ajakan kepada para pengguna untuk mempertimbangkan hubungan antara bahasa dan branding. Logo-logo dari merek tersebut memang terkesan sangat mencolok karena statusnya yang tersebar di mana-mana, namun dengan adanya typeface ini, saat digunakan untuk menulis teks, konotasi yang identik dengan brand identity mereka pun seakan hilang.