Don’t Look Up Duduki Peringkat Teratas Film di Netflix, tapi Tidak Mendapatkan Respons yang Terlalu Positif dari Kritikus

Film
31.12.21

Don’t Look Up Duduki Peringkat Teratas Film di Netflix, tapi Tidak Mendapatkan Respons yang Terlalu Positif dari Kritikus

Meski berhasil menduduki peringkat teratas film terpopuler Netflix saat ini, Don’t Look Up ternyata tidak mendapatkan komentar yang terlalu positif baik dari kritikus, bahkan para penonton.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Hafiza Dina
Foto: Netflix

Don’t Look Up mungkin menjadi contoh nyata bahwa populer belum tentu sepenuhnya dicintai. Film yang dibintangi oleh Jennifer Lawrence dan Leonardo DiCaprio ini memang berhasil menduduki peringkat top movie, baik di wilayah Amerika Serikat maupun di seluruh dunia. Namun, nyatanya, film yang berhasil menggeser The Witcher dari posisi judul paling populer ini tidak terlalu banyak dicintai oleh para kritikus. 

Dalam film garapan Adam McKay—yang sekaligus menjadi penulis naskahnya juga—ini, Lawrence dan DiCaprio memerankan dua orang astronom tingkat rendah. Mereka menemukan bahwa komet berada di jalur yang bertabrakan dengan bumi, dan berusaha untuk mengingatkan umat manusia melalui media sounding. Sayangnya, peringatan keduanya akan bahaya yang mengintai umat manusia ini tidak digubris, bahkan cenderung mendapatkan respons yang mengecewakan. (link: https://youtu.be/RbIxYm3mKzI)

Don’t Look Up memang menjadi salah satu film Netflix yang paling ditunggu-ditunggu tahun ini. Namun, terlepas dari serangkaian pemainnya yang luar biasa—selain Lawrence dan DiCaprio, ada juga Meryl Streep, Rob Morgan, Jonah Hill, Mark Rylance, Tyler Perry, Timothée Chalamet, Ron Perlman, bahkan Ariana Grande, kritikus dan reviewer tidak begitu terkesan, bahkan cenderung menganggap film ini flop. Di Metacritic, Don’t Look Up hanya mendapatkan nilai 50%. Tidak jauh berbeda, Rotten Tomatoes pun memberikan nilai 55% untuk film Don’t Look Up, dengan pendapat bersama bahwa film ini memiliki tujuan yang terlalu tinggi, dengan satir yang gagal mencapai tujuannya.

Beberapa ulasan lain pun memberikan pendapat yang serupa; dari Rolling Stone, Newsday, The Wall Street Journal, hingga The Daily Beast, mengungkapkan bahwa Don’t Look Up gagal mengembangkan potensi yang film ini miliki, kurang menarik, bahkan too hard to be funny. Bahkan, dengan banyaknya pengguna Netflix yang menonton Don’t Look Up hingga berhasil mendorong film ini ke puncak peringkat tertinggi, mereka pun tampak setuju dengan para kritikus. Meski angka yang penonton berikan di Rotten Tomatoes lebih tinggi, yaitu sebesar 77%, tapi angka tersebut juga bukan hal yang cukup baik. whiteboardjournal, logo