Hapus Norma Lama, Pakaian Genderless Bersinar di New York Fashion Week 2021
Menghapus batasan feminin dan maskulin.
Teks: Deandra Aurellia
Foto: Vogue Runway
New York Fashion Week tahun ini mencerminkan evolusi berkelanjutan dari desain pakaian, merangkul masa depan mode yang tampaknya tidak memiliki konstruksi gender.
Fluiditas telah mengambil bentuk baru dalam beberapa tahun terakhir, karena diskusi seputar identitas gender telah mengklaim sorotan yang lebih besar di media arus utama. Tokoh-tokoh ternama, seperti Jaden Smith, Young Thug, Sam Smith, dan beberapa lainnya, telah membantu menantang norma gender dan membawa kesadaran yang lebih luas kepada komunitas LGBTQ+ yang terus berkembang. Dalam mode, percakapan itu terwujud di banyak landasan pacu desainer terkemuka; musim ini, beberapa orang dengan berani mencemooh biner pakaian dengan koleksi yang menentang gagasan tradisional “pakaian pria” dan “pakaian wanita”, menghapus batasan tersebut sepenuhnya.
Private Policy, yang telah mengedepankan visi unisex sejak konsepsinya, memamerkan koleksi Spring 2022 yang sepenuhnya tidak relevan dengan gender. Siluetnya menjangkau spektrum maskulin dan feminin tradisional, meskipun seluruh koleksi dimaksudkan untuk dikenakan oleh orang-orang dari semua jenis kelamin.
Set jaket dan celana boxy berada di sisi pakaian pria tradisional, sementara rok pensil dan atasan satin mewakili potongan pakaian wanita pola dasar; meskipun mengakui inspirasi gaya yang dibangun secara sosial itu, desain Private Policy tidak berlabel, mengundang orang untuk berbelanja tanpa batasan norma gender.
Dalam tema yang sama, Eckhaus Latta membedakan dirinya di antara pemain top mode sebagai label netral gender, dan musim ini, mereka membuktikan betapa serbaguna desainnya.
Konstruksi kreatif mereka terlihat pada atasan berlengan panjang dengan lubang berlubang di batang tubuhnya, tank top dengan dada tipis dan lapisan abstrak, sweater dengan potongan asimetris di satu lengan yang melampaui desain maskulin dan feminin — menggambarkan bagaimana mode ada sebagai media untuk ekspresi artistik. Eckhaus Latta mengingatkan industri bahwa mode seharusnya dimaksudkan sebagai media untuk ekspresi diri.
Tidak seperti Private Policy dan Eckhaus Latta, Helmut Lang biasanya meluncurkan koleksinya di bawah kategori “pakaian pria” dan “pakaian wanita” yang terpisah; musim ini, label tersebut memilih untuk menghadirkan rangkaian Spring 2022 tunggal yang unisex, mengeksplorasi tema keintiman dan kebaruan melalui rangkaian koleksi yang bertemakan nautical.
Catatan koleksi tersebut mengajukan pertanyaan kunci: “Jika saya tidak lagi pergi ke kantor, mengapa saya membutuhkan jas?” Merek percaya bahwa setelan jas akan selalu mewakili kelas; tetapi, setelah periode refleksi diri selama pandemi, penemuan kembali siluet klasik androgini Lang membuktikan sentimen yang berubah terhadap mode yang dibatasi gender.
Thom Browne juga tidak pernah menjadi desainer yang secara sah mematuhi kode gender tradisional dalam praktik desainnya. Pendekatan label terhadap mode tanpa gender, bagaimanapun, bukan hanya tentang menghapus label, namun juga tentang mendorong batas-batas dalam batas-batas itu.
Bekerja dari dalam ke luar, Browne menantang stereotip kuno gender dengan menghadirkan potongan-potongan provokatif namun halus di bawah kategori pakaian pria, dan potongan longgar di pakaian wanita.
Di mana pakaian pria dan pakaian wanita pernah mendefinisikan industri, generasi baru desain mode bekerja keras untuk menghapus gagasan gaya gender. Tentu saja, biner tersebut akan terus menginspirasi gaya berpakaian pada tahun-tahun mendatang, tetapi New York Fashion Week ini mengajarkan kita bahwa api inklusivitas di dunia fashion masih menyala.