Apple Luncurkan “Apple Music for Business” untuk Toko Retail
Bersaing dengan Spotify dan Sirius XM Holdings.
Teks: Novila Nuramalia
Foto: Apple
Apple diketahui telah meluncurkan versi baru Apple Music yang ditujukan kepada toko ritel untuk penggunaan bisnis komersial dan streaming musik yang bisa diputar di toko-toko tersebut. Bekerja sama dengan PlayNetwork Inc., Apple telah melakukan uji coba Apple Music For Business selama 6 bulan terakhir untuk melisensi musik, dan telah berkembang ke toko-toko lebih besar.
Pada program ini, Apple juga telah menyediakan ratusan playlist unik dan bahkan membuat rekomendasi khusus untuk para klien toko ritelnya. Tak hanya itu, toko ritel dapat mengontrol musik yang sedang diputar hanya dengan menggunakan aplikasi iPhone atau iPad khusus. Di sisi lain, Spotify dan Sirius XM sudah menawarkan kontrak kepada para toko ritel, yang harganya berkisar 25 USD hingga 35 USD per bulan per lokasi ritel.
Meskipun saat ini tidak diketahui berapa banyak Apple akan membebankan biaya bisnis untuk layanan barunya, namun Apple telah menerima sebanyak 25 klien dan telah dijadwalkan untuk mengirimkan musik ke lebih dari 10.000 lokasi toko, termasuk Apple Stores.