Vice Media Resmi Membeli Refinery29 Seharga 400 Juta USD
Vice mengakuisisi sebuah media digital Refinery29 dalam upaya meningkatkan audiens globalnya.
Teks: Novila Nuramalia
Foto: Hypebeast
Vice Media baru saja secara resmi membeli penerbit lifestyle, Refinery29 dalam beralih menjadi perusahaan yang lebih seimbang gender dan mendapatkan audiens wanita lebih besar. Kesepakatan itu dipandang sebagai win-win untuk kedua belah pihak, karena selama setahun terakhir ini, keuangan Refinery29 telah dilaporkan semakin sulit. Dan menurut Business Insider, Vice sempat menerima kekecewaan karena budaya tempat kerja yang diduga bermusuhan atau kurang terhadap perempuan. Akuisisi ini bernilai 400 juta USD atau setara dengan lebih dari Rp 5 triliun dan sebagian besar berbentuk saham.
Vice sebelumnya bahkan memiliki perpecahan antara karyawan pria dan wanita, tetapi penambahan karyawan Refinery29 akan mengarah pada kantor mayoritas wanita. Kedua perusahaan berharap merger ini akan membantu menjangkau khalayak muda global yang inklusif antara kedua publikasi.
Wakil CEO Nancy Dubuc menyebutkan, “Kami tidak akan membiarkan ekosistem media yang terkonsolidasi dengan cepat menyempitkan pilihan anak muda atau kemampuan mereka untuk secara bebas mengekspresikan diri tentang hal-hal yang paling mereka pedulikan. Vice dan Refinery29, megafon adalah milik mereka untuk digunakan, dan platform adalah milik mereka pula untuk dibangun bersama.”
Sebagai hasil dari kesepakatan tersebut, Vice akan melihat peningkatan global audiens hingga 350 juta views per bulan dan juga dapat memperoleh manfaat dari bisnis acara Refinery29 yang menguntungkan. Apakah konten Vice tetap memiliki karakter yang sama? Kita lihat saja nanti.