Youtube Akan Uji Coba Layanan Iklan di Youtube Shorts
Dalam waktu dekat, Youtube akan memberikan layanan iklan dalam platform Youtube Shorts mirip seperti langkah TikTok atau Instagram.
Teks: Yusril Mukav
Foto: clipchamp.com
Bulan Februari yang lalu, kepala produk Youtube Neal Mohan bersama podcast The Vergecast membicarakan kemungkinan Youtube Shorts diisi dengan layanan periklanan. Hal ini disebabkan adanya penurunan ekspektasi pendapatan yang diperoleh Youtube dari penayangan mereka.
Kepala bisnis Google, Philipp Schindler mengatakan mereka secara khusus sedang bereksperimen untuk menggaet layanan iklan dan produk lainnya. Menurutnya, Youtube Shorts menghasilkan USD 30 miliar tampilan harian, empat kali lipat dari tahun lalu.
Walaupun pendapatan iklan Youtube mengalami peningkatan, namun hal tersebut masih tergolong jauh dari ekspektasi awal mereka. Oleh karena itu, berita mengenai penayangan layananan iklan tersebut muncul setelah adanya pemberian dana USD 100 juta untuk kreator Youtube Shorts.
Bulan Agustus tahun lalu, Youtube juga mengumumkan akan membayar kreator video populer hingga USD 10.000 tiap bulannya. Mereka membayangkan jalan alternatif monetisasi yang berskala jangka panjang untuk pembuat konten dan layanan iklan.
Layanan iklan ini memungkinkan untuk menambah layanan konsumen, seperti konten bermerek dan menghadirkan Super Chat dalam Shorts.