Netflix Alami Penurunan Pelanggan untuk Pertama Kalinya dalam Lebih dari Satu Dekade

Human Interest
20.04.22

Netflix Alami Penurunan Pelanggan untuk Pertama Kalinya dalam Lebih dari Satu Dekade

Netflix menyalahkan faktor-faktor termasuk meningkatnya persaingan, perang di Ukraina, dan jumlah orang yang membagikan akun mereka.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Jesslyn Sukamto
Foto: Unsplash

Netflix menghabiskan dekade terakhir memimpin dunia dalam streaming. Sekarang, platform lain mulai mengejarnya. Statement ini dapat dengan jelas disimpulkan dari pengakuan Netflix, walau ada penambahan lebih dari 2 juta pelanggan pada kuartal pertama tahun ini—seperti yang diperkirakan tiga bulan lalu—Netflix malah kehilangan 200.000 penggunanya. 

Netflix tidak pernah memiliki harapan tinggi untuk menghitung pelanggan baru pada kuartal ini. Platform streaming tersebut memproyeksikan peningkatan 2,5 juta pelanggan dibandingkan dengan 4 juta yang diperoleh pada kuartal yang sama tahun lalu. Prospek tersebut diputuskan pada bulan Januari lalu setelah tidak memenuhi perkiraan pertumbuhan Q4 — bahkan dengan rilis film asli terkenal “Red Notice” dan “Don’t Look Up”.

Lebih buruk lagi: kuartal berikutnya, Netflix memperkirakan akan kehilangan 2 juta pelanggan lagi. Saham Netflix sekarang ambruk, turun hingga 25 persen.


Penurunan dalam angka pengguna mencerminkan lanskap streaming yang lebih kompetitif: Netflix bersaing dengan lebih banyak layanan saingan daripada sebelumnya, masing-masing platform bersaing untuk mendapatkan perhatian dan perhatian konsumen. Kompetisi juga membuat harga semakin murah, dengan Disney+ mengumumkan rencana untuk menawarkan layanan yang disponsori iklan dengan biaya yang jauh lebih rendah mulai akhir tahun ini. 

Jadi, tidak mengherankan jika pertumbuhan Netflix menjadi lebih bertahap dalam beberapa tahun terakhir. Pada bulan Maret lalu, mereka menghentikan layanannya di Rusia setelah invasinya ke Ukraina. Laporan pendapatan terkini mengatakan bahwa Netflix kehilangan sekitar 700.000 pelanggan sebagai hasilnya.

So, what comes next? “Rencana kami adalah untuk mempercepat kembali penayangan dan pertumbuhan pendapatan kami dengan terus meningkatkan semua aspek Netflix—khususnya kualitas program dan rekomendasi kami, yang paling dihargai oleh anggota kami,” ujar Netflix dalam surat pendapatannya. 

“Di sisi konten, kami menggandakan pengembangan cerita dan keunggulan kreatif.” Netflix juga mengatakan kesuksesan internasional sangat penting untuk masa depannya. “Dalam jangka panjang, sebagian besar pertumbuhan kami akan datang dari luar AS,” kata perusahaan tersebut.

Dan dengan krisis biaya hidup yang menggigit bagi banyak orang, masa depan Netflix, yang tampak begitu cerah hanya beberapa bulan yang lalu, sekarang terlihat tidak stabil.whiteboardjournal, logo