Membuat Perbedaan Visual Antara Perusahaan dan Aplikasi Sosial, Facebook Suguhkan Logo Baru
Desain baru Facebook yang dirancang agar lebih responsif terhadap konteks dan lingkungannya.
Teks: Novila Nuramalia
Foto: Tech Crunch
Facebook yang diketahui pada awal berdiri merupakan aplikasi media sosial yang indepeden, kini dikenal menjadi aplikasi super melalui serangkaian produk yang membantu orang terhubung dengan teman dan keluarga. Sekarang, Facebook diketahui telah mengumumkan akan melakukan serangkaian pembaharuan dari sisi branding.
Perubahan logo ini diklaim sebagai cara untuk mengkomunikasikan struktur kepemilikan Facebook dengan lebih baik kepada para penggunanya. Dikutip dari laman resmi Facebook Newsroom, aplikasi asal AS tersebut akan memperkenalkan logo baru perusahaan yang dapat lebih membedakan perusahaan Facebook dari aplikasi Facebook. Dalam desain baru ini, Facebook akan ditulis dalam huruf kapital dengan huruf bulat untuk disesuaikan dengan merek yang ditampilkan. Misalnya, pada aplikasi WhatsApp, Facebook akan diwarnai dengan warna hijau agar sesuai dengan aplikasi WhatsApp yang ikonik dengan warna hijau, sedangkan pada Instagram, akan berwarna kuning, merah muda dan ungu.
Facebook juga bekerja sama dengan agensi branding Saffron dan UK type design studio Dalton Maag, yang juga mendesain ulang jenis huruf yang digunakan pada platform Airbnb, untuk mengembangkan rebrand. “Branding baru dirancang untuk kejelasan, dan menggunakan tipografi khusus dan huruf besar untuk membuat perbedaan visual antara perusahaan dan aplikasi,” tutur pers Facebook.