Generasi Z Mengubah Kebiasaan Minum Alkohol di Konser, Venue Kecil Merasakan Dampaknya

Human Interest
10.06.23

Generasi Z Mengubah Kebiasaan Minum Alkohol di Konser, Venue Kecil Merasakan Dampaknya

Generasi Z, kelompok usia yang lahir antara 1997 dan 2012, terlihat minum alkohol lebih sedikit di konser, dan hal ini berdampak pada venue kecil, seperti dilaporkan oleh Billboard.

by Whiteboard Journal

 

Venue-venue kecil yang memiliki margin keuntungan yang lebih tipis merasakan penurunan konsumsi alkohol dari Generasi Z, yang merupakan salah satu sumber pendapatan utama bagi mereka. David Slutes, direktur hiburan di Club Congress di Tucson yang memiliki kapasitas 325 orang, melihat adanya perbedaan sebesar 25% dalam pengeluaran untuk minuman alkohol dibandingkan dengan generasi yang lebih tua.

“Setelah masa COVID-19, segala sesuatu tentang bisnis musik live berubah drastis,” kata Slutes kepada Billboard. “Kami tidak yakin mengapa angka-angka ini seperti ini. Kemudian kami melakukan analisis lebih mendalam, dan pada setiap acara yang ditujukan untuk penonton Generasi Z, kami melihat angka yang sangat berbeda.”

Dayna Frank, Presiden/CEO dari First Avenue Productions, sebuah venue konser dan bisnis promosi di Minneapolis, juga mencatat perilaku serupa ketika berbicara di konferensi Music Biz di Nashville. “Salah satu tren besar yang kami lihat adalah bahwa Generasi Z tidak minum sebanyak itu,” katanya. “Mereka entah makan makanan yang dapat mempengaruhi pikiran sebelum datang atau lebih fokus pada kesehatan mental… Sebagian besar harga tiket masuk diberikan kepada band, jadi apa yang [venue] andalkan adalah penjualan minuman. Ini tidak akan menjadi sumber pendapatan yang berkelanjutan.”

Semua ini sejalan dengan studi yang dilakukan oleh profesor psikologi Ty Schepis dari Texas State University pada tahun 2020, yang menemukan bahwa 28% mahasiswa dari usia 18 hingga 22 tahun tidak mengonsumsi alkohol pada tahun 2018, dibandingkan dengan 20% pada tahun 2002. Sementara itu, penyalahgunaan alkohol dalam rentang usia yang sama berkurang separuh dalam periode yang sama.

Dalam wawancara dengan Billboard, Schepis menambahkan bahwa Generasi Z cenderung mengonsumsi alkohol lebih sedikit dibandingkan dengan generasi yang lebih tua, tetapi juga mencatat bahwa “ini merupakan kelanjutan dari sebuah tren.” Namun, penggunaan marijuana meningkat dari 33% menjadi 37% di antara mahasiswa.

Operator venue kecil lainnya, seperti Mikey Wheeler, manajer umum Mohawk di Austin, juga melihat penurunan penjualan alkohol secara keseluruhan, yang menurutnya “bukan hanya dari Generasi Z, tetapi juga dari penonton yang lebih tua.”

Dengan biaya asuransi dan tenaga kerja yang semakin meningkat, venue-venue kecil menghadapi tekanan untuk mengganti pendapatan yang hilang, baik dengan menambahkan penawaran minuman non-alkohol, mendorong penjualan merchandise venue, atau mencoba minuman yang mengandung CBD. whiteboardjournal, logo