Balenciaga Mulai Terima Pembayaran Bitcoin dan Ether, Apakah Kripto Jadi Trend di Luxury Brand?
Balenciaga ikuti langkah TAG Heuer, Gucci, Off White, dan masih banyak brand luxury lain yang mulai menerima pembayaran menggunakan mata uang crypto seperti Bitcoin dan Ether.
Teks: Inaya Pananto
Foto: id.beincrypto
Brand fashion Balenciaga menjadi member terbaru dari deretan luxury brand yang tengah mulai berkecimpung di dunia kripto. CEO Cedric Charbit mengumumkan bahwa mulai dari bulan Juni tahun ini beberapa toko-toko Balenciaga di Amerika Serikat akan mulai menerima pembayaran dengan mata uang kripto seperti Bitcoin (BTC) dan Ether (ETH).
Sejauh ini, cabang yang telah dikonfirmasi akan mengakomodir skema pembayaran kripto adalah toko offline Balenciaga di Madison Avenue New York dan di Rodeo Drive Beverly Hills. Ditambah dari transaksi langsung di toko offline, creative director Demna Gvasalia juga mengatakan transaksi online dari official webstore Balenciaga juga akan menerima pembayaran kripto.
Gerakan di bidang digital lain yang dilakukan oleh Balenciaga adalah peluncuran koleksi NFT “Cristóbal Balenciaga: To the Moon” di pasar NFT Crypto.com. Koleksi ini didedikasikan untuk memori dari founder pertama Balenciaga, Cristobal Balenciaga. Desember tahun kemarin Balenciaga juga mengumumkan unit bisnis metaverse.
Sejauh ini telah ada segolongan luxury brands yang telah menerima pembayaran kripto antara lain, TAG Heuer, Gucci, Off White, dan masih banyak lagi. Menurut para ahli, fenomena kripto ini dapat menjadi sebuah efek domino di kalangan luxury brands. Selain dari bentuk adaptasi dengan kemajuan teknologi dan meningkatkan relevansi brand di mata konsumen mereka yang mungkin turut berkecimpung di dunia cryptocurrency.