Tokopedia Perkenalkan Dua Fitur yang Bantu UMKM Perluas Jangkauan Pembeli Mereka

Media
02.09.22

Tokopedia Perkenalkan Dua Fitur yang Bantu UMKM Perluas Jangkauan Pembeli Mereka

Tokopedia lakukan inovasi lewat dua fitur terbarunya; Tokopedia Play dan Tokopedia Affiliates.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Ghina Prameswari
Foto: Tokopedia

Untuk tingkatkan kepuasan pengguna, Tokopedia perkenalkan dua fitur terbarunya; Tokopedia Play dan Tokopedia Affiliates. Langkah ini merupakan bentuk komitmen Tokopedia dalam memberdayakan UMKM di Tanah Air. 

Fitur Tokopedia Play sendiri sebetulnya sudah diluncurkan sejak 2018 lalu. Fitur ini diperkenalkan kembali oleh Tokopedia dan terbukti terdapat peningkatan pengguna yang signifikan dalam tiga bulan ke belakang. Tokopedia Play memberi akses bagi penjual untuk berinteraksi dengan pembeli dalam format audio-visual. Proses jual-beli dilakukan lewat live-shopping, juga bentuk konten lain seputar kuliner, fesyen, dan olahraga. 

Tokopedia Play dimaksudkan untuk membantu penjual membangun jenama mereka sekaligus meningkatkan penjualan. Tokopedia Affiliates di sisi lain memberi manfaat tambahan untuk pembeli. Melalui Tokopedia Affiliates, pembeli dapat merekomendasikan berbagai produk dari Tokopedia dan mendapat komisi sebesar 10% apabila produk yang direkomendasikan berhasil terjual. Diharapkan lewat fitur ini, pembeli dapat lebih terdorong untuk membeli produk dan mendukung UMKM tertentu.

Dikutip dari Head of Sales and Operation Tokopedia Nirmala Rahmawati Hapsari, baik angka pengguna Tokopedia Affiliates maupun Tokopedia Play telah bertambah dalam beberapa bulan terakhir. Tercatat peningkatan pengguna terbesar untuk Tokopedia Affiliates berasal dari Sidoarjo, Jayawijaya, dan Bogor. Sementara untuk Tokopedia Play berasal dari Pekalongan, Medan, Denpasar, Bandung, dan Semarang.whiteboardjournal, logo