Setelah Masa Uji Coba, Layanan Berlangganan ‘Twitter Blue’ Akhirnya Dirilis
Dihargai $2.99 USD per bulannya untuk kemampuan undo tweet, akses ke artikel bebas iklan, pin DM penting, dan lainnya.
Teks: Deandra Aurellia
Foto: Twitter
Twitter secara resmi meluncurkan layanan berlangganan Twitter Blue di Amerika Serikat dan Selandia Baru di iOS, Android, dan web.
Raksasa internet ini telah menguji layanan ini untuk pengguna di Australia dan Kanada sejak Juni, tetapi Selasa menandai debutnya untuk pengguna AS. Twitter Blue, yang tersedia dengan harga bulanan $2,99 USD, mencakup banyak fitur khusus termasuk kemampuan untuk undo tweet, menyesuaikan ikon aplikasi Twitter, akses ke artikel bebas iklan dari 300 publikasi berbasis di AS dan banyak lagi.
Dengan layanan baru ini, Twitter akan membayar persentase dari langganan penggunanya ke situs berita yang berpartisipasi berdasarkan apa yang dibaca penggunanya. Pelanggan akan dapat melihat dampak keuangan dari bacaan mereka dengan fitur transparansi yang memberi tahu pengguna jumlah uang yang masuk ke publikasi digital yang mereka kunjungi.
“Tujuan kami adalah setiap situs menghasilkan 50% lebih banyak per orang daripada yang mereka lakukan untuk menayangkan iklan kepada orang itu,” kata direktur senior produk Twitter, Tony Haile, dalam briefing hari Senin, melalui CNBC. “Di Twitter, kami menyadari bahwa percakapan publik yang hebat membutuhkan ekosistem jurnalisme yang berkembang, jadi dengan Blue kami tidak hanya mencoba untuk mengaktifkan internet yang lebih baik untuk pelanggan tetapi juga internet yang lebih baik untuk jurnalisme.”
Dengan fitur baru yang disebut Reader, pengguna dapat mengubah utas panjang menjadi pengalaman membaca yang lebih efisien. Twitter Blue juga memiliki bagian “Artikel Teratas”, yang mencantumkan artikel yang paling banyak dibagikan di jaringan pengguna selama 24 jam terakhir.
Selain itu, Twitter meluncurkan dua fitur baru dalam layanan berlangganan: kemampuan untuk mengunggah video berdurasi hingga 10 menit, yang jauh lebih lama dari dua menit dan 20 detik yang diizinkan untuk pengguna standar, dan kemampuan untuk menyematkan percakapan DM penting ke atas kotak masuk pengguna.
Pengguna dapat berlangganan Twitter Blue di menu utama platform.