Per Awal Tahun 2021, Bersiaplah Untuk Lebih Sering Menonton Iklan Di Youtube
Walau iklan makin banyak bermunculan, kreator kecil tidak akan mendapatkan kenaikan dalam pemasukan.
Teks : Rifqi Ramadhan
Foto : Android Police/Youtube Generic
Kabar kurang baik untuk kawan kawan yang sering menghabiskan waktunya dengan bangun tidur, buka YouTube lalu tidur lagi. Karena pada awal tahun 2021, platform video terbesar ini mengumumkan akan menambah slot iklan lebih banyak dalam platform-nya.
YouTube akan merevisi terms of agreement pada website-nya yang dapat memperbolehkan ads untuk tampil pada kanal yang belum terafiliasi dengan YouTube partner program, sebuah program yang memperbolehkan konten kreator untuk mendapatkan revenue dengan melampirkan iklan di kanal mereka.
Sebelum kebijakan ini dijalankan, hanya kanal dengan 1,000 subscriber yang dapat melampirkan iklan pada videonya. Namun setelah kebijakan baru ini mulai dijalankan, iklan akan secara otomatis tampil dalam video yang akan kita tonton, walau kanal yang kita kunjungi belum terafiliasi YouTube partner program.
Namun, walaupun ads muncul di kanal tersebut, kreator pemilik kanal tidak akan mendapatkan revenue dari iklan yang dimainkan di kanal mereka, dan ini pun menuai kritik dari banyak pengguna aplikasi ini. Kebijakan baru ini akan mulai dijalankan di Amerika Serikat di awal tahun 2021, dan akan menyusul ke regional lainnya.
Sepertinya para petinggi YouTube berencana untuk menjadikan platform ini sebagai spot beriklan virtual.