Ingin Saingi TikTok, Instagram Luncurkan Fitur Baru Bernama “Reels”
Mirip dengan TikTok, Fitur “Reels” pada Instagram memungkinkan pengguna untuk berkreasi dengan menggunakan format video berdurasi pendek.
Foto: Instagram via TechCrunch.com
Beberapa bulan terakhir ini, media sosial yang menawarkan video berdurasi pendek semakin populer. TikTok, media sosial asal Cina yang menawarkan fitur ini bahkan mengalami peningkatan dalam jumlah pengguna selama masa karantina pandemi. Melihat kesuksesan ini, beberapa platform media sosial lainnya mulai melirik pengembangan fitur yang mendukung video berdurasi pendek. Tak terkecuali Instagram, media sosial yang berada di bawah perusahaa teknologi Facebook, yang baru saja mengumumkan fitur video pendek mereka bernama “Reels”.
Dilansir dari TechCrunch.com, fitur “Reels” pada Instagram mirip seperti TikTok. Melalui fitur ini pengguna dapat membuat dan mengunggah video pendek berdurasi 15 detik yang dapat disesuaikan dengan musik atau audio lainnya. Tak jauh berbeda dengan TikTok, “Reels” juga memungkinkan pengguna untuk mengedit video, seperti penghitung waktu mundur dan fitur untuk menyesuaikan kecepatan video. Selain ingin memudahkan pengguna untuk menciptakan video yang kreatif, fitur “Reels” diharapkan dapat membawa Instagram untuk bisa bersaing dengan TikTok yang kini mendominasi “pasar” video berdurasi pendek di media sosial.
“Reels” telah tersedia bagi pengguna Instagram di India, setelah negara tersebut memblokir TikTok atas alasan privasi dan penggunaan data. Tak hanya di India, fitur ini juga telah diuji coba di Brasil, Perancis, dan Jerman. Pengguna Amerika Serikat kabarnya sudah dapat menggunakan fitur ini pada bulan Agustus mendatang. Sedangkan untuk negara lainnya, termasuk Indonesia, Instagram berencana akan meluncurkan fitur ini dalam waktu dekat.