Apple Sajikan Iklan Privasi Baru untuk World Series
Sebuah gerakan Apple untuk membantu mengingatkan kesadaran publik tentang ancaman privasi data.
Teks: Novila Nuramalia
Foto: Apple
Di zaman peretasan dan pengawasan kapitalisme, privasi telah menjadi salah satu produk unggulan Apple. Pada tahun ini perusahaan Apple telah rilis beberapa iklan TV, tetapi pada iklan terbaru ini Apple rilis iklan bersamaan dengan berlangsungnya World Series Game Friday Night. Hal ini menunjukan bahwa iklan ini akan lebih serius daripada iklan Apple yang sudah ada sebelumnya.
Dalam iklan terbaru ini, Apple memperlihatkan sebuah kamera terbang di atas kota pada malam hari dengan lantunan musik piano. Seorang narator dalam iklan menjelaskan bahwa tidak ada yang lebih pribadi daripada data pribadi Anda, dan sebagian besar darinya – dari pesan hingga detak jantung – ada di dalam ponsel Anda. Pada akhirnya, kamera tersebut memasuki jendela dan mendekati seorang wanita yang duduk di sofa menatap ke dalam iPhone 11 Pro Max.
Perusahaan Apple telah mengatakan dengan keras dan seringkali percaya bahwa privasi adalah hak asasi manusia yang fundamental. Apple menunjukan bahwa mereka ingin lebih fair dalam menjual produk tanpa bergantung dengan data pribadi para penggunanya sendiri. Dengan adanya hal ini, selain mengedepankan privasi pada produknya, Apple seakan membantu meningkatkan kesadaran publik mengenai ancaman terhadap privasi data dari para pengguna.