Apple Kenalkan Produknya Melalui Konsep Unik Iklan ASMR
Apple produksi 4 video sekaligus dengan konsep ASMR.
Teks: Kevina Graciela
Foto: Apple
Autonomous sensory meridian response atau biasa dikenal dengan ASMR menjadi salah satu fenomena yang hadir di internet belakangan. Mulai dari merekam suara kunyahan makanan sampai suara-suara yang memberikan sensorik menenangkan seperti suara ombak. Pada kesempatan ini Apple menghadirkan 4 video iklan tentang ASMR memaksimalkan bunyi-bunyi yang menenangkan diikuti visual yang tajam dibuat oleh Anson Fogel.
Pada produksinya, judul-judul yang digunakan Apple dalam iklan ini sendiri mampu menarik orang-orang untuk membuka video ini. “A Calm Rain at Camp” merekam visual dan juga suara teduhnya suara tetes hujan yang jatuh ke tenda, lalu “Crunching Sound on the Trail” merekam suara jejak langkah menginjak daun di hutan, “Satisfying Woodshop Sounds” merekam suara hasil pahatan tukang kayu diikuti visual intim menambah suasana, serta “Whispers from Ghost” dengan bisikan sebuah cerita tentang suatu pulau yang menghanyutkan. Apple memperlihatkan visual menawan serta kejernihan suara sangat jelas yang direkam oleh iPhone XS dan iPhone XS Max.
Berdurasi kurang lebih 8 menit, pada video ini, Apple memberikan sebuah info tentang produknya dengan menulis pada description box, “ASMR, shot and recorded on iPhone, to relax wherever you are”.
Dalam hal ini Apple dengan sukses memperkenalkan fitur-fitur yang ia punya secara implisit dengan cara yang unik dan sederhana.