Instagram Luncurkan IGTV, Sebuah Langkah Progresif?
Platform baru untuk video dari Instagram.
Teks: Carla Thurmanita
Foto: Things How
Jika melihat aplikasi Instagram yang awal mulanya hanyalah berperan sebagai sebuah media sosial di mana para penggunanya dapat saling berbagi foto secara mobile dan online, nyatanya sekarang aplikasi ini mulai memperkaya penggunaannya ke arah aplikasi video – dari fitur video unggah sepanjang 60 detik hingga short clips melalui Instagram stories. Kali ini, Instagram mengambil langkah yang lebih jauh lagi dengan meluncurkan aplikasi terbarunya – IGTV – sebuah aplikasi mandiri yang memiliki fitur video tampilan vertikal dengan durasi maksimal satu jam. Berikut runutan beberapa nilai lebih yang dilakukan oleh IGTV, baik secara fitur dan pemanfaatan penggunaan platform online yang kian mendominasi kehidupan sehari-hari.
Akses sederhana dan mudah
Jika dibandingkan dengan platform video lainnya, Instagram merancang sistem penggunaan pada IGTV dengan cara yang lebih mudah. Selain dengan cara mengunduh aplikasi mandiri IGTV, para pengguna Instagram pun juga dapat langsung mengakses fitur-fitur IGTV melalui laman akun Instagram mereka. Pengguna juga tidak perlu repot mencari konten atau channel yang ingin ditonton secara manual. Seluruh konten video nantinya akan dikelompokkan secara otomatis dalam fitur “For You”, “Following”, “Popular” dan “Continue Watching” yang berisi video-video unggahan akun-akun yang diikuti oleh pengguna di Instagram.
Muncul di waktu yang tepat
Instagram meluncurkan IGTV sekarang tentu bukan tanpa alasan kuat. Co-founder dan CEO Instagram, Kevin Systrom mengatakan bahwa muncul ketika dirinya melihat bahwa sekarang ini kebanyakan orang lebih memilih untuk menonton konten video digital dibandingkan jika harus menyaksikan tayangan di televisi. Ditambah dengan Instagram sebagai media sosial dengan jumlah pengguna yang paling banyak, sudah dipastikan seberapa besar peminat aplikasi terbaru ini sehingga penggunaan IGTV di hari pertamanya pun akan melalui traffic yang tinggi.
Fitur video vertikal dan video berdurasi panjang
Adanya pergeseran platform publik ke arah ranah online dan tingkat penggunaan smartphone yang signifikan membuat fitur video vertikal menjadi kelebihan terbesar yang ditawarkan Instagram melalui IGTV. Dengan kehadiran fitur ini sebagai fitur utama, pengguna tidak perlu ‘memutar’ ponselnya ketika sedang menonton video, dan format ini juga akan secara alamiah menggeser peran layar besar ke perangkat seluler. Di luar itu, Instagram yang tadinya membatasi durasi video unggah hanya sepanjang satu menit, memperpanjang durasi maksimal video menjadi satu jam. Tidak adanya batasan waktu yang pendek ini pun akhirnya dapat membuka peluang bagi para kreator dan pelaku industri kreatif lainnya untuk menciptakan inovasi lebih pada konten yang dibuatnya.
Sebuah pasar baru bagi para brand maupun content creator
Dengan fitur yang disediakan dan kemunculan aplikasi ini di waktu yang tepat, dapat dikatakan IGTV menjadi pasar baru untuk brand dan content creator di luar sana, maupun sebagai media alternatif bagi kreator yang sebelumnya sudah menggunakan platform video online lain, terutama YouTube. Hingga saat ini penggunaan iklan dan juga sistem monetisasi konten para kreator tidak dimiliki oleh IGTV, namun Systrom pun mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa kedua hal tersebut akan dilakukan oleh Instagram untuk ke depannya. Tetapi tanpa pembayaran melalui monetisasi pun, sepertinya kreator dan brand juga sudah mulai bisa memanfaatkan fitur IGTV dengan salah satunya membuat sebuah video paid-promote dan sejenisnya.