UN dan WHO Adakan Kompetisi Kreatif sebagai Bentuk Edukasi COVID-19

Human Interest
02.04.20

UN dan WHO Adakan Kompetisi Kreatif sebagai Bentuk Edukasi COVID-19

Sebagai upaya untuk mengedukasi publik tentang wabah ini, UN dan WHO membuka kompetisi bagi content creators.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Annisa Nadia Harsa
Foto: UN

Dalam upaya menyebarkan informasi yang aktual dalam penanganan COVID-19, UN dan WHO telah bekerja sama untuk membuka sebuah panggilan secara global. Ditujukan kepada para seniman dan desainer, panggilan tersebut merupakan ajakan untuk mengikuti kompetisi dalam membuat public health message secara kreatif dan dapat meraih cakupan audience yang luas dan lebih menyeluruh.

Dinamakan “Global Call Out to Creative”, UN dan WHO meminta para pekerja kreatif untuk membuat konten mengenai langkah-langkah yang bisa diambil bagi public untuk flatten the curve penyebaran COVID-19. Peserta kompetisi ini akan diberi kebebasan untuk memilih format dari karya yang ingin diciptakan, dari grafik, video, hingga musik. Topik yang disediakan oleh WHO pun beragam, dari menjaga kebersihan, social distancing, mengenali gejala-gejala, hingga donasi. Penjelasan topik, guidelines, contoh ini dicantumkan oleh WHO pada creative brief mereka. 

Jika karya-karya yang dikirim sudah melewati tahap review dan diunggah ke microsite kompetisi ini, tentunya WHO harus memilah dan menyetujui pesan dari konten tersebut. Hal ini merupakan tahap keamanan untuk memastikan tidak ada penyebaran informasi yang menyesatkan perihal wabah COVID-19 ini.

Bagi yang berminat, kompetisi ini juga telah mengunggah rincian dari brief mereka secara umum. Dengan deadline di tanggal 9 April mendatang, pendaftaran bisa dilakukan melalui tautan berikut.whiteboardjournal, logo