Rangkuman Layanan Konsultasi dan Obat Gratis Isolasi Mandiri Via Telemedicine

Human Interest
07.07.21

Rangkuman Layanan Konsultasi dan Obat Gratis Isolasi Mandiri Via Telemedicine

Berikut adalah informasi mengenai 11 telemedicine dan cara mendapatkan layanan isolasi mandiri secara cuma-cuma.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Shadia Kansha
Photo: Digestive Health Associates of Texas

Untuk menjadi alternatif bagi rumah sakit yang tengah kesulitan melayani lonjakan permintaan konsultasi, pemerintah bekerja sama dengan 11 layanan telemedicine untuk memfasilitasi pasien COVID-19 dengan gejala ringan yang wajib melakukan isolasi mandiri. Hadir untuk menyediakan konsultasi dan paket obat gratis bagi pasien COVID-19 yang isolasi mandiri, berikut deretan nama telemedicine yang ikut berpartisipasi:

Alodokter

Alodokter menawarkan layanan dokter pribadi gratis untuk para pasien COVID-19. Layanan ini bertujuan untuk membantu para pasien memulihkan diri mereka selama masa karantina. Selain memberikan dukungan mental bagi pasien, tim dokter pribadi Alodokter akan memberikan bimbingan medis yang intensif agar pasien menjadi semangat dan optimis selama masa perawatan.

Tim dokter yang tergabung dalam layanan ini terdiri atas dokter spesialis terpercaya termasuk dokter spesialis paru, dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis THT, atau psikiater. Mereka siap memantau kondisi para pasien sepanjang hari selama masa isolasi yang dilalui oleh pasien. 

Para pasien COVID-19 yang ingin mendapatkan layanan ini dapat mendaftarkan diri melalui link ini secara mandiri. Alodokter menjamin privasi riwayat kesehatan pasien, jadi jangan khawatir. Setelah mendaftar, jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Alodokter untuk mempermudah proses koordinasi dengan dokter pribadimu. 

Good Doctor

Klinik Isolasi Mandiri Good Doctor hadir untuk menemani pasien COVID-19 selama 24 Jam. Mereka memperingatkan bahwa untuk beberapa pasien dengan saturasi oksigen kurang dari 94%, sesak nafas, di atas 60 tahun, dan tergolong Komorbid untuk tidak melakukan isolasi mandiri melainkan langsung ke rumah sakit. 

Layanan konsultasi dan obat gratis Good Doctor hanya dapat diakses oleh pasien peserta program Kemenkes RI di DKI Jakarta. Pasien harus menerima WhatsApp resmi sebelum mengakses fasilitas gratis yang disediakan oleh telemedicine ini.

Lebih lanjutnya bisa dipelajari setelah mengunduh aplikasi Good Doctor di Handphone Anda.

Halodoc

Untuk mengakses layanan gratis dari Halodoc, pasien hanya perlu memiliki akun Halodoc. Kemudian kunjungi laman ini untuk berkonsultasi dengan dokter yang tersedia. Rata-rata dokter yang mendampingi adalah dokter umum dengan shift 2 jam. Jam dan hari berlakunya cukup acak jadi harus rajin mengecek dokter yang tersedia. 

Informasi lebih lanjut juga dapat dipelajari lebih lanjut dengan mengunduh aplikasi Halodoc di Handphone Anda.

KlinikGo

User Interface KlinikGo cukup straightforward sehingga ketika kita menghampiri laman mereka (disini), kita bisa segera menemukan tombol untuk mengakses layanan konsultasi Isolasi Mandiri gratis. 

Hal yang perlu dilakukan adalah mengunggah bukti bahwa diri sedang menjalankan isolasi mandiri dan benar tengah terpapar COVID-19. Setelah diterima, maka konsultasi akan diberikan secara gratis.

LinkSehat

Layanan gratis LinkSehat meliputi konsultasi dokter pribadi gratis dan obat gratis. 

Konsultasi dokter pribadi gratis dapat diakses melalui aplikasi LinkSehat setiap Senin-Sabtu pukul 08.00 hingga 21.00 WIB. Setelah mengunduh aplikasi dan membuat akun, pasien dapat memasuki menu “Konsultasi Sekarang”. Setelah itu, pilih dokter yang tersedia dan lakukan konsultasi online. 

Sedangkan untuk layanan obat gratis, dikarenakan terbatas, hanya dapat diakses di DKI Jakarta terlebih dahulu dan harus melalui proses skrining yang lebih ketat. Pertama, pasien COVID-19 harus memiliki hasil positif dari lab terafiliasi dengan Kemenkes RI. Setelah dinyatakan positif, akun resmi bercentang hijau milik Kemenkes RI di WhatsApp, akan menghubungi pasien sebagai rujukan untuk konsultasi di LinkSehat. Ketika konsultasi, beritahu dokter yang tengah memeriksa bahwa pasien adalah peserta program Kemenkes RI. Setelah konsultasi selesai, dokter akan memberikan resep sesuai kondisi pasien. Screenshot e-resep dan kirimkan ke WhatsApp gerai Kimia Farma terdekat. Setelah diverifikasi, Kimia Farma akan mengirimkan obat ke rumah pasien. 

Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi link ini.

SehatQ

Pasien yang ingin mendapatkan layanan gratis dari SehatQ harus melewati enam tahapan berikut ini: 

1. Jalani tes PCR atau swab antigen di laboratorium yang bermitra dengan Kementerian Kesehatan. Apabila hasilnya positif Covid-19, laboratorium akan mengirimkan laporan ke Kemenkes. Selanjutnya, Kemenkes melalui nomor dengan centang hijau secara otomatis mengirim pesan melalui WhatsApp kepada pasien.
2. Simpan pesan yang berisi notifikasi dan kode voucher tersebut.
3. Klik link menuju SehatQ pada pesan WhatsApp tersebut, dan masukkan kode voucher-nya.
4. Sebelum berkonsultasi dengan dokter, sampaikan bahwa Anda adalah pasien program Kementerian Kesehatan.
5. Anda akan memperoleh resep digital dari dokter setelah melakukan konsultasi secara virtual. Apabila memang masuk ke dalam kategori isoman, Anda dapat menebus vitamin atau obat dengan gratis juga.
6. Untuk menebus obat, kirimkan resep digital dalam bentuk PDF maupun screen capture, foto KTP, dan alamat pengiriman, ke apotek Kimia Farma sesuai dengan domisili.

Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi link ini.

Selain melalui aplikasi di atas, layanan konsultasi dan obat gratis bagi peserta isolasi mandiri juga dapat diakses melalui Get Well, KlikDokter, Milvik Dokter, dan ProSehat.whiteboardjournal, logo