Helinox dan Proyek Kolaborasi: Sebuah Upaya untuk Menghadirkan Rumah Dimana pun
Kolaborasi menjadi strategi andalan Helinox untuk memperluas pasar, dan mewujudkan motto, “at home, anywhere.”
Teks: Hafiza Dina
Foto: Helinox
Kolaborasi merupakan salah satu jalan penting untuk mempertahankan, sekaligus memperluas, pangsa pasar suatu perusahaan. Sebutlah Helinox, sebuah perusahaan asal Korea Selatan, yang berhasil menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan dan public figure lain dalam memproduksi varian-varian baru bagi perlengkapan outdoor andalan mereka. Sepanjang tahun 2021 sendiri, tercatat beberapa hasil kerja sama antara Helinox dengan berbagai perusahaan kenamaan, seperti Stüssy, Patta, Jordan Brand, Kitsuné yang menghasilkan perlengkapan ala coffee shop yang bisa dibawa ke mana pun alias portable, hingga dengan tokoh terkenal seperti BTS yang melahirkan set alat kemah outdoor lengkap dengan tendanya.
Kolaborasi inilah yang berhasil membawa Helinox pada lini terdepan pasar perlengkapan outdoor. Melalui kolaborasi dengan berbagai perusahaan ternama, Helinox berusaha menjangkau pasar yang lebih luas dengan menghadirkan gaya dan desain yang berbeda di produk-produk andalan mereka. Helinox pun selalu membawa nilai-nilai yang brand ini pegang dalam setiap proyek kolaborasinya: fungsional, portable, dan ringan. Tak heran, Chair One ala Helinox kerap kali menjadi produk utama dalam kolaborasi yang Helinox luncurkan.
Helinox tidak hanya menggunakan strategi kolaborasi untuk memperluas target pasar semata. Lebih dari itu, proyek kolaborasi yang selama ini dijalankan oleh brand gagasan Young Lah ini juga ditujukan untuk mewujudkan pesan utama mereka: at home, anywhere. Ingat perasaan rileks setiap kali tiba di rumah? Nah, itulah yang Helinox coba hadirkan melalui produk-produk hasil kolaborasinya, jadi bukan sekadar kursi portable. Melalui produk-produknya ini Helinox berusaha untuk membuat para penggunanya merasa nyaman bak di rumah, bahkan saat sedang berada di luar ruangan, atau alam terbuka sekalipun.
Berkolaborasi dengan berbagai perusahaan dan figur ternama, khususnya yang bergerak di dunia fashion, membantu Helinox untuk meraih pasar yang baru dan berbeda. Secara tidak langsung, Helinox pun terdorong untuk mencari ide-ide baru yang sejalan dengan nilai-nilai yang mereka bawa. Dan keuntungan ini mengalir secara mutualisme, alias menguntungkan kedua belah pihak; ada koneksi tak kasat mata antara streetwear yang dipasarkan oleh perusahaan fashion dengan perlengkapan outdoor gagasan Helinox.
Lee Stuart, salah satu perwakilan dari Patta━perusahaan fashion yang sudah beberapa kali bekerja sama dengan Helinox, menyatakan bahwa koneksi antara streetwear dan perlengkapan outdoor sudah ada sejak lama. Meski koneksi tersebut tetap tersambung hingga hari ini, tetapi ada juga pembaruan-pembaruan yang lahir dari berbagai proyek kolaborasi seiring dengan berkembangnya zaman. Pembaruan ini, lagi-lagi, dilihat Helinox sebagai kesempatan untuk mengajak lebih banyak orang menikmati kehidupan outdoor.
Seperti yang disampaikan oleh Azul Couzens, Vice President Helinox untuk bagian Sales dan Marketing, keterlibatan lebih banyak golongan dalam kegiatan-kegiatan outdoor mendobrak stereotip kegiatan berkemah dan mendaki gunung yang sangat tipikal. Kegiatan outdoor lambat laun dipandang sebagai sebuah alternatif untuk remote working dan living; rumah bukan lagi sebuah bangunan tetap di tengah kehidupan suburban. Dan Helinox, sebut Couzens, hadir untuk mempersenjatai masyarakat dalam kehidupan remote.