Who, What, Why: Kresna Dwitomo

Design
18.12.19

Who, What, Why: Kresna Dwitomo

Penggagas studio Projek AGNI yang dikenal konsisten terhadap nilai ideologi, desain, dan budaya.

by Whiteboard Journal

 

Teks: Novila Nurmalia

WHO

Kresna Dwitomo merupakan seorang seniman visual asal Bandung sekaligus co-founder studio dengan idealisme kuat, Projek AGNI. Lewat kesadaran akumulatif dan teman berbagai daerah di Indonesia sedari kuliah, juga latar belakang orang tua di bidang pariwisata dan busana tradisional, ia terdorong untuk memanifestasikan kebangkitan budaya berbentuk komunikasi visual terapan yang relevan dengan masa terdahulu, kini, hingga nanti bersama Projek AGNI. Digarap bertepatan dengan Hari Kartini, kini Projek AGNI kian menjadi sorotan dengan karyanya yang lekat dengan konsep Tridaya: Cipta, Rasa dan Karsa. 

WHAT

Lewat kebebasan berekspresi serta tatanan luas informasi, Kresna bersama Projek AGNI tidak membatasi untuk terpaku dalam satu gaya desain. Selain output grafik, Projek AGNI turut mengerjakan riset, suara, foto, video hingga styling untuk campaign yang terintegrasi. Guna dapat terus menyebarkan kebermanfaatan budaya dalam aplikasi industri kreatif, tak jarang pula Projek AGNI terlibat mengisi publikasi serta talkshow di berbagai universitas dan acara bertemakan branding dan culture. Meski terbilang baru, sejauh ini Projek AGNI kerap berkolaborasi dengan berbagai komunitas terkemuka seperti Drupadi ID untuk menggarap launching video klip “Bersama Gelap” juga pembuatan merchandise. Lalu baru-baru ini Projek AGNI turut berkolaborasi dengan IKKON Bekraf menggarap Lombok Timur sebagai pengembangan Ekonomi Kreatif di berbagai daerah, dan menciptakan sistem identitas visual melalui perancangan huruf untuk UMKM dan entitas komunitas disana.

WHY

Projek AGNI meyakini, desain yang baik adalah desain kontekstual dan objektif. Lewat semangat yang terlihat, Projek AGNI kini terus berfokus dalam pengembangan untuk menciptakan dampak eksternal juga melekatkan kekhasan otentiknya. Disisi lain demi mencapai visi dan konsistensi, Projek AGNI terus berproses dalam pembelajaran hal kuno dan kini dari segi bisnis, sosial budaya, dan teknologi itu sendiri. Dengan kemunculannya, Projek AGNI berharap industri kreatif di Indonesia selalu memegang aspek identitas sekecil apapun, konsisten terhadap fungsi, maksud dan tujuan, juga selalu tampil menarik dalam setiap proses serta output-nya.whiteboardjournal, logo